T E G U H P R I Y A N T O

Loading

Kompetensi Dasar 

3.18.    Menyeleksi strategi pemasaran

4.18.    Melakukan pemasaran

Indikator 

3.18.1.  Mengidentifikasi Strategi Pemasaran

3.18.2.  Menganalisis Strategi Pemasaran

4.18.1.  Melakukan Pemasaran

Materi Pokok 

Strategi pemasaran yang Efisien 

Strategi pemasaran perusahaan merupakan hal yang cukup mempengaruhi sales atau penjualan suatu produk. Penjualan merupakan faktor penting agar perusahaan dapat tetap berdiri. Tanpa adanya penjualan atau sales, suatu perusahaan dapat mengalami kerugian karena minimnya sumber daya. 

Strategi Pemasaran Perusahaan 

  • Kenali Pelanggan 

Hal yang paling utama dalam melakukan pemasaran adalah riset pasar (research market). Dengan melakukan hal ini, anda dapat menemukan dan memilih segmentasi pasar yang tepat sehingga produk anda dapat bersaing dan berkembang pada pasar tersebut. 

  • Promosi 

Setelah melakukan riset pasar, maka langkah selajutnya adalah melakukan promosi. Usahakan promosi dilakukan dengan cara yang kreatif sehingga dapat membuat pelanggan tertarik. Jangan lupa untuk melakukan promosi secara konsisten dan berulang kali. Anda juga dapat melakukan promosi melalui media sosial. 

  • Memilih Tempat Usaha Strategis 

Pilihlah lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan hasil riset pasar yang anda lakukan sebelumnya. Selain lokasinya strategis, pastikan lokasi usaha Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Pemilihan lokasi usaha yang strategis dan tepat merupakan strategi pemasaran yang dapat menjaring cukup banyak pelanggan. 

  • Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan 

Pelanggan adalah aset yang cukup berharga bagi perusahaan. Oleh karena hal itu, berilah pelayanan terbaik untuk pelanggan anda. Jalinlah hubungan baik dengan konsumen dengan menanggapi saran atau keluhan mereka. Jangan ragu untuk memberikan diskon ataupun hadiah kepada pelanggan setia anda. Jika anda melakukan hal tersebut, tak menutup kemungkin pelanggan akan merekomendasikan produk anda kepada orang lain secara sukarela. 

  • Memanfaatkan Online/Internet Marketing 

Manfaatkanlah teknologi yang sudah ada dengan sebaik mungkin. Sebab, pemanfaatan teknologi secara optimal dapat menekan pengeluaran perusahaan. Salah satu metode internet marketing yang dapat Anda terapkan adalah SEO (Search Engine Optimization) ataupun SMO (Social Media Optimization). 

Strategi pemasaran untuk perkembangan usaha 

Marketing merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika menjalankan sebuah usaha, baik usaha baru maupun usaha lama yang telah dirintis bertahun tahun lamanya. Sebelum menjalankan marketing, pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan konsep marketing serta strategi pemasaran yang efektif dalam menjual produk kita. 

Dengan banyaknya usaha kecil yang bermunculan saat ini, maka perlu adanya strategi pemasaran yang tepat agar dapat menarik minat para konsumen. Meskipun sulit, namun jika anda fokus dalam merencanakan strategi pemasaran tersebut, maka bukan tidak mungkin usaha kecil Anda dapat tumbuh berkembang menjadi besar.

Pada umumnya, usaha kecil mempunyai anggaran marketing yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan usaha berskala besar. Dengan anggaran yang minim tersebut tentunya anda harus lebih kreatif dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Cara yang dapat anda lakukan dalam mengoptimalkan pemasaran meskipun dengan dana yang terbatas : 

  • Melakukan kerja sama dengan pengusaha atau rekan anda dalam pemasangan iklan seperti mengirimkan penawaran produk kepada para pelanggan atau memberikan potongan harga bagi pembelian paket tertentu. 
  • Memperkenalkan produk dan usaha anda melalui beberapa media gratis. Hal ini bertujuan untuk membantu pencarian para konsumen mengenai produk apa saja yang anda tawarkan, seperti publikasi melalui internet dengan melibatkan lingkungan yang berada di sekitar usaha Anda, dan lain-lain. 

Strategi Pemasaran yang Efektif 

Dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil, anda perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain yaitu : 

  • Konsistensi 

Konsistensi dibutuhkan pada semua area marketing. Tujuannya agar dapat membantu mengurangi biaya marketing serta meningkatkan efektivitas penciptaan merek. 

  • Perencanaan 

Dalam menjalankan konsep marketing untuk usaha kecil, maka perlu perencanaan yang matang agar memperoleh banyak pelanggan. Karena itu, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk merencanakan strategi marketing yang efektif, anggaran marketing yang dibutuhkan, serta konsep-konsep lainnya agar usaha kecil Anda dapat berkembang dengan pesat. 

  • Strategi 

Strategi adalah dasar bagi kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan sebelumnya. Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan, serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap. 

  • Target Market 

Definisikan secara tepat pangsa pasar apa yang sedang dituju. Caranya dengan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Hal ini bertujuan untuk memperjelas target pasar seperti apa yang ingin Anda masuki sehingga konsep marketing yang ingin Anda buat lebih mudah untuk dilaksanakan. 

  • Anggaran 

Ini merupakan bagian paling berat sebab membutuhkan tingkat keakuratan yang tepat dalam menghitung anggaran marketing yang dibutuhkan. Sebab dari anggaran yang telah dibuat tersebut, dapat menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran. 

  • Marketing Mix 

Marketing mix pada umumnya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat serta promosi. Sebagai pengusaha, tentunya Anda perlu memutuskan secara spesifik produk atau jasa, berapa harga yang sesuai, bagaimana dan dimana Anda akan mendistribusikan produk yang Anda butuhkan, serta bagaimana cara agar orang lain dapat mengetahui mengenai produk apa yang sedang Anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan jasa perusahaan digital marketing untuk memasarkan produk Anda.  

  • Website 

Sekarang ini, semua usaha bisnis membutuhkan website untuk memberikan informasi mengenai produk yang sedang Anda tawarkan, sebab hampir 60 persen konsumen yang datang mendapatkan informasinya melalui internet. 

  • Branding 

Branding merupakan proses yang menentukan apakah konsumen menerima produk dari perusahaan yang membuatnya. Usaha kecil tentunya membutuhkan brand, mulai dari gambar, logo serta produk unggulan yang dihasilkannya agar dapat dikenal oleh masyarakat sehingga semakin berkembang.  

  • SNS Operation 

SNS operation merupakan salah satu strategi yang menggunakan media sosial untuk melakukan promosi dan iklan. Melakukan hal ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuat suatu akun media sosial dan melakukan promosi dengan konten yang menarik. Jika perlu gunakan juga media yang berbayar untuk meningkatkan tingkat kunjungan ke media sosial Anda, seperti Keyword Planner, Facebook Ads, Twitter Ads, Instagram Ads dan lain-lain. 

Jika Anda memerlukan bantuan untuk meningkatkan jumlah prospek atau konversi dengan menggunakan iklan, strategi pemasaran digital, pemasaran melalui media social, dll. Logique Digital Indonesia akan menyediakan layanan yang efektif bagi Anda dan perusahaan Anda. 

  • Customer Relationship Management 

Untuk dapat menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten, tentu membutuhkan pengelolaan hubungan yang baik dengan para pelanggan. Anda tentunya tidak mau pelanggan Anda lari ke perusahaan lainnya. Karena itu, buatlah pengelolaan hubungan yang baik dengan pelanggan, seperti membuat kartu member khusus pelanggan dan memberikan potongan harga bagi para member tersebut. 

  • Mobile Marketing 

Dengan meningkatnya pengguna ponsel pintar dan tablet tentunya membuat pesan pemasaran dan konten untuk platform mobile merupakan suatu keharusan. Hal itu dikarenakan semakin banyaknya konsumen yang melihat konten, menerima email serta membeli produk menggunakan smartphone ini. 

Leave a Comment